Skip to main content

Ikan Bakar Bumbu Bali, Enaknya Sajian ini, Begini Resepnya

Resep Ikan Bakar Bumbu Bali


Ada banyak sekali resep ikan bakar yang nikmat bisa Anda coba untuk dibuat sendiri di rumah. Salah satunya yaitu ikan bakar bumbu Bali. 

Sesuai dengan namanya, ikan bakar dengan resep yang satu ini memang berasal dari pulau Dewata. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat ikan bakar dengan resep ini. 

Maka berikut adalah bahan - bahan yang akan Anda perlukan, serta langkah - langkah untuk membuatnya, antara lain :

Apa Saja Bahan yang Perlu Disiapkan untuk Membuat Ikan Bakar dengan Bumbu Bali ?

Bahan – bahan ikan bakar :

  1. Siapkan 500 g ikan bawal
  2. 2 daun jeruk
  3. 1 buah jeruk nipis
  4. Minyak goreng
  5. 1 buah tomat besar
  6. 1 batang serai
  7. 8 cabai merah
  8. 1 sdm gula merah sisir
  9. Garam
  10. 2 butir kemiri
  11. 10 bawang merah
  12. 2 cm lengkuas
  13. 3 siung bawang putih
  14. Irisan tomat
  15. Irisan mentimun

Cara Membuat Ikan Bakar Bumbu Bali :

  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan di sini yaitu memanaskan terlebih dahulu minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus dengan daun jeruk hingga mengeluarkan aroma yang wangi.
  2. Selanjutnya Anda bumbui dengan menggunakan gula merah sisir kemudian Anda aduk hingga merata dan matang. Angkat kemudian sisihkan terlebih dahulu.
  3. Ambil ikan yang telah Anda bersihkan sisiknya kemudian baluri ikan tersebut menggunakan air jeruk nipis di sekujur tubuhnya hingga merata. Diamkan ikan setidaknya selama 30 menit agar bumbu tersebut meresap di seluruh bagian tubuhnya.
  4. Jika sudah maka Anda bisa membakar ikan tersebut, jangan lupa untuk sesekali mengolesi bumbu bali hingga akhirnya ikan benar-benar matang.
  5. Ketika telah matang, maka Anda bisa menyajikan ikan bakar bumbu Bali di atas meja dengan nasi panas agar acara makan Anda semakin terasa lebih nikmat lagi.


Nah, itu tadi resep yang bisa Anda gunakan jika Anda ingin membuat ikan bakar dengan bumbu bali. Selamat mencoba resep dari kami dan semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.