Skip to main content

Resep Donat Sederhana Tanpa Kentang

Resep Donat Sederhana

Resep Donat Sederhana Tanpa Kentang

Mungkin ada dari mama yang tidak ingin ribet dalam pembuatan donat ya moms. Karena kalau buat donat yang empuk, kenyal plus pakai kentang harus diuleni dulu. Ribet banget bukan.

Padahal mama kan masih banyak aktivitas lain untuk dikerjakan. Tapi tenang saja, tetap bisa kok buat donat sederhana tanpa kentang. Namun memiliki citarasa yang hampir sama dengan pakai kentang.

Cara dan bahan yang dibutuhkan pun hampir sama, cuma bedanya tanpa ulen adonan membuat donat kenyal pakai kentang.

Nah, jika mama ingin mencoba membuat donat sederhana. Topwisata kuliner punya resepnya.

Bahan-bahan

  1. 350 gram tepung terigu protein tinggi (cakra)
  2. 60 gram Gula pasir
  3. 1 telur ukuran sedang (suhu ruang)
  4. 2 sdm susu bubuk
  5. 175 ml air hangat2 kuku
  6. 7 gram ragi instan 
  7. 45 gram mentega
  8. 1/4 sdt garam halus

Langkah-langkahnya :

  1. Hal pertama yang harus mama lakukan untuk membuat donat sederhana tanpa ulen adalah siapkan wadah, kemudian tambahkan ragi instan plus 1 sdm gula. aduk-aduk sampai merata, kemudian biarkan kurang lebih 20 menit sampai berbusa.
  2. Siapkan lagi wadah satunya, masukan tepung terigu, susu bubuk, gula dan telur. aduk-aduk sampai merata. kemudian tuang raginya. aduk-aduk lagi sampai merata.
  3. Setelah merata, tambahkan garam dan mentega, aduk-aduk menggunakan tangan sampai merata.
  4. Bulatan adonan menjadi besar, kemudian masukan ke dalam wadah kering dan tutup dengan kain serbet. biarkan sampai mengembang dan diamkan sampai 30 menit. penyimpanannya di suhu ruang ya.
  5. Setelah adonan sudah mengembang, kemudian pukul-pukul adonan.
  6. Pindahkan adonan tadi ke meja yang sudah mama lumuri dengan tepung terigu. pipihkan adonan dan potong-potong menjadi sama panjang.
  7. Taruh potongan adonan tadi di atas kertas roti yang sudah berupa bulatan adonan. tutup lagi atas adonan tadi dengan kertas roti, dan diamkan agar lebih mengembang lagi.
  8. Setelah adonan potongan donat tadi sudah mengembang, tekan atas adonan agar agak pipih dengan bantuan pangkal spuit, lubangi donat.
  9. Adonan donat siap, sekarang siapkan wajan anti lengket dan minyak goreng. panaskan dengan api sedang. angkat satu persatu adonan kemudian goreng sampai matang. Pastikan di bolak-balik agar adonan matang sempurna. angkat dan tiriskan.
  10. Jadi deh, donat sederhana tanpa kentang dirumah aja.
  11. Selamat mencoba dan menikmati ya moms.