Skip to main content

Karamel Popcorn, Kudapan Waktu Nyantai

Resep Karamel Popcorn

Karamel Popcorn, Kudapan Waktu Nyantai
Karamel Popcorn, Kudapan Waktu Nyantai


Bahan-bahan :

  1. 1/2 gelas biji jagung kering
  2. 200 gram mentega
  3. 400-500 gram gula pasir
  4. 125 gram unsalted butter
  5. 1/4 sendok teh garam
  6. 1 sachet cappucino bubuk (boleh pakai merek apa saja yang biasanya kalian suka)

Langkah-langkahnya :

Karamel Popcorn, Kudapan Waktu Nyantai
  1. Campurkan gula dan cappucino sachet ke dalam wadah lalu aduk hingga merata sisihkan.
  2. Siapkan wajan atau panci anti lengket di atas kompor sedang. Tambahkan mentega dan biarkan hingga meleleh.
  3. Masukkan campuran gula dan cappuccino ke dalam wajan atau panci, kecilkan api tunggu hingga gula berubah menjadi karamel. Pada saat proses karamelisasi ini jangan lupa untuk diaduk-aduk supaya karamel tidak cepat gosong.
  4. Masukkan unsalted butter dan garam lalu aduk-aduk kembali. Masak hingga mendidih berwarna coklat keemasan atau sekitar 5 – 8 menit.
  5. Masukkan biji jagung kering, aduk hingga keseluruhan permukaan biji jagung berlapis dengan caramel lalu tutup panci atau wajan. Atur api kompor menjadi api sedang, biarkan biji jagung meletup-letup.
  6. Goyang panci atau wajan secara berkala agar popcorn tidak gosong.
  7. Setelah letupan popcorn berhenti dan popcorn matang matikan api lalu pindahkan popcorn ke dalam wadah tahan panas dengan ukuran yang cukup besar.
  8. Aduk-aduk kembali popcorn agar caramel melekat ke permukaan. Apabila di wajan atau panci masih ada sisa caramel tuangkan di atas popcorn lalu aduk cepat. Dinginkan popcorn selama kurang lebih 5-10 menit agar uap panas hilang.
  9. Pindahkan popcorn ke wadah yang tertutup dan siap untuk disajikan.

Gampang banget kan bikinnya dan tentunya bisa meredakan kegalauan kalian karena nonton Netflix sendirian aja di rumah. Hmmm atau ajak aja deh mama, papa, adik dan kakak kalian buat nonton film favorit keluarga sambil ngemil popcorn buatan kamu di saat weekend. Pasti seru banget agenda weekend kalian minggu ini !!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar