Skip to main content

Resep Baked Macaroni, Enak dan Sederhana

Resep Baked Macaroni, Anti GTM

Resep Baked Macaroni, Enak dan Sederhana


Assalamualaikum bund, gimana nii kondisi hari ini?? Semoga masih selalu dalam lindungan-Nya yaah.. Amin.. Waktu belanja sayur dan kebutuhan dapur tadi ada ibu-ibu yang nyeletuk bingung mau masak apa karena udah bosen masak. Kalau terlalu bad mood dengan menu masakan yang diulang-ulang tiap minggunya, sekeluarga bisa-bisa bikin aksi GTM hehehehe.. 

Oh iya ngomong-ngomong tentang GTM sudah tidak asing lagi kan bund denger istilah tersebut?? GTM adalah singkatan dari Gerakan Tutup Mulut atau sama artinya dengan mogok makan. Mau dari bayi hingga orang dewasa pun bisa mengalaminya lhoo. 

Salah satu penyebab GTM bisa karena menu masakan yang kurang diminati, kurang variatif atau rasanya tidak cocok dengan lidah sehingga akan timbul rasa untuk menolak makanan tersebut.

Biasanya kalau malas masak jadinya pengen keluar beli makanan siap saji atau tinggal ketik-ketik layar HP lalu datanglah babang ojek online anterin makanan. Tapi di musim penghujan seperti sekarang ini membuat kita malas keluar rumah dan susah juga order makanan via aplikasi online. Kira-kira ada yang ngalamin hal yang sama gak nih bund ?? 

Ulasan kali ini Topwisata akan bocorin satu resep yang praktis, enak, bisa dikonsumsi dari bayi yang usianya lebih dari 1 tahun hingga untuk lansia, dan tentunya cocok dimakan di saat musim penghujan. Yuk langsung aja mulai kita siapkan bahan-bahannya..

Bahan-Bahan :

  1. 300 gram makaroni elbow rebus lalu sisihkan
  2. 3 sendok makan terigu
  3. 6 buah sosis potong-potong (bisa sapi/ayam)
  4. 100 gram daging giling (bisa sapi/ayam)
  5. 100 gram kornet (bisa sapi/ayam)
  6. 2 butir telur kocok lepas
  7. 500-600 mililiter susu cair fullcream (sesuaikan dengan kapasitas adonan)
  8. 1 buah wortel ukuran sedang potong dadu kecil
  9. 50 gram jagung manis pipil
  10. 1 buah paprika potong dadu kecil (jika untuk balita sebaiknya tidak ditambahkan)
  11. 3 siung bawang putih cincang halus
  12. 1 buah bawang bombay ukuran besar cincang kasar
  13. 5-10 sendok makan saus pasta bolognese
  14. 150 gram keju cheddar parut kasar
  15. 150 gram keju mozzarella parut kasar
  16. Sedikit minyak/margarine untuk menumis
  17. Garam, gula, merica/lada bubuk, kaldu jamur, oregano dan parsley kering sebagai penyedap rasa

Langkah memasak :

  1. Rebus makaroni elbow hingga empuk lalu sisihkan.
  2. Masukkan sedikit minyak/margarine ke dalam wajan, tumis bawang putih dan bawang bombay cincang hingga harum.
  3. Masukkan daging giling tumis hingga warna kecokelatan, tambahkan kornet lalu aduk (masak menggunakan api kecil agar tidak cepat gosong).
  4. Masukkan wortel, jagung manis pipil dan paprika yang telah dipotong dadu kecil, aduk hingga rata.
  5. Tambahkan susu full cream, masukkan 3 sendok makan terigu sedikit demi sedikit sambal diaduk cepat agar terigu tidak menggumpal. 
  6. Masukkan keju cheddar parut dan makaroni elbow yang sudah direbus, aduk hingga rata.
  7. Apabila susu mulai terlihat sedikit menyusut dan adonan mulai mengental tambahkan telur kocok lepas sedikit demi sedikit. Kekentalan adonan dapat dicek dengan cara mengaduk-aduk adonan. Apabila dirasa adonan terlalu kental dapat ditambahkan sedikit lagi susu full cream (-/+50ml). 
  8. Beri garam, gula, merica/lada bubuk, kaldu jamur atur sesuai selera jangan lupa koreksi rasa lalu matikan api.
  9. Siapkan wadah (bisa loyang/aluminium foil) yang sudah diberi olesan margarine. Tuangkan adonan ke dalam wadah, susun potongan sosis di atasnya.
  10. Tambahkan 1 hingga 2 sendok makan saus pasta bolognese (sesuai selera) ratakan hingga keseluruhan permukaan atas adonan.
  11. Taburi di atas saus pasta dengan keju parut mozzarella, jangan lupa juga sebagai penutup taburkan oregano/parsley keringnya supaya menambah aroma sedap gurih menggoda.
  12. Panggang/oven adonan selama 35-40 menit di suhu 150-160°C, atau bisa juga kukus selama 40-45 menit menggunakan api sedang. 

Selamat mencoba di rumah bund… Semoga bisa memberikan solusi resep masakan untuk keluarga di rumah yaa..